Cara Merawat Laptop

Cara merawat laptop, notebook, dan netbook


Dewasa ini, laptop yang dahulunya merupakan barang mewah dan hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja kini telah berubah layaknya handphone yang hampir dimiliki oleh semua kalangan. Agar tidak cepat rusak, laptop tentu saja memerlukan perawatan yang baik dari pemiliknya. Nah, postingan kali ini akan mencoba membahasa tips dan hal-hal apa saja yang harus Anda lakukan untuk merawat laptop kesayangan Anda.

1. Jangan sembarangan mendownload software-software gratis berkeygen dari internet

Hal ini harus Anda waspadai karena berkaitan dengan dalaman (software) laptop Anda. Waspadailah software tersebut disusupi virus atau bahkan keylogger yang dapat merekam semua aktivitas komputer Anda, sehingga privasi Anda dapat diamati oleh orang lain.

2. Jangan menggunakan penutup/sarung saat laptop digunakan

Penutup/sarung laptop yang digunakan ketika laptop masih digunakan dapat menutup aliran udara dan akan membuat laptop semakin panas, bahkan bisa membuat meleleh komponen-komponen yang ada di dalamnya. Jadi, jangan lupa untuk membuka pembungkus/sarung laptop Anda saat digunakan untuk beraktivitas.

3. Jangan sampai laptop jatuh atau terkena cairan

Inilah dua hal yang harus Anda perhatikan. Jangan pernah kecerobohan Anda membuat laptop Anda jatuh dari pangkuan Anda. Dampaknya sangat berbahaya. Dan, hindari menempatkan minuman atau cairan di sekitar laptop. Masuknya cairan ke dalam laptop bisa membuat komponen dalam laptop mengalami kerusakan.

4. Jaga kebersihan laptop

Selalu bersihkan debu yang hinggap di laptop Anda dengan cairan pembersih khusus seperti Cling misalnya. Hindari penggunaan detergen yang dapat merusak casing laptop Anda.

5. Hindarkan laptop dari paparan sinar matahari langsung

6. Jauhkan laptop dari medan magnet yang kuat

7. Sebaiknya jangan cabut baterai laptop Anda meskipun laptop Anda sedang di charge terutama untuk daerah yang sering mengalami pemadaman listrik. Padamnya listrik secara mendadak bisa membuat hardisk Anda lebih cepat mengalami kerusakan.

8. Simpan baik-baik kartu garansi laptop Anda, sehingga ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan Anda dapat mengklaim garansi laptop Anda ke service center.

Source:www.teguhsantoso.com
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar